Rabu, 24 November 2010

Pengertian, Ruang Lingkup Dan Manfaat Embriologi

Embriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang embrio, sedangkan Embrio sendiri adalah sesuatu yang masih dalam perkembangan awal. Tingkat perkembangan awal yang dimaksud adalah apabila bentuk, struktur maupun fungsinya belum mirip/serupa dengan bentuk dasar individu dewasa.
Ruang lingkup dari ilmu embriologi meliputi organ reproduksi, sistem reproduksi, gametogenesis, fertilisasi awal, fertilisasi akhir, embriogenesis, blastulasi, gastrulasi, organogenesis, neurulasi, selaput ekstra embrional dan teratologi. Sebagai salah satu disiplin ilmu, embriologi telah memiliki sub disiplin ilmu yang lebih khusus, meliputi Discriptive Embriologi, Comparative Embriologi, Experimental embriologi.

Manfaat/kegunaan embriologi adalah

1. Memberikan pengertian tentang organ dan jaringan yang berbeda, berkembang dari suatu sel tunggal (zigot). Embriologi berperan membantu mengungkapkan rahasian keturunan, penentuan sek.

2. Membantu memberikan gambaran perkembangan lapisan-lapisan yang berhubungan dengan fetus dan ibu.

3. Membantu memberikan gambaran adanya struktur yang rudimenter dalam suatu perkembangan.

4. Membantu memberikan gambaran mengenai perkembangan normal dan perkembangan abnormal.

sedangkan, Embrio Stars

Embrio adalah sebuah dalam tahap paling awal dari perkembangan. Dalam organisme yang berkembang biak secara seksual, ketika satu sel sperma membuahi ovum, hasilnya adalah satu sel yang disebut zigot yang memiliki seluruh DNA dari kedua orang tuanya. Dalam tumbuhan, hewan, dan beberapa protista, zigot akan mulai membelah oleh mitosis untuk menghasilkan organisme multiselular. Hasil dari proses ini disebut embrio. Pada hewan, perkembangan zigot menjadi embrio terjadi melalui tahapan yang dikenal sebagai blastula, gastrula, dan organogenesis.Pada tumbuhan, istilah embrio hanya dipakai untuk tumbuhan kecil yang terbentuk dalam biji yang berada dalam keadaan dormansi, menunggu kondisi lingkungan yang tepat untuk berkecambah.

Star ( Bintang ) adalah bola, besar bercahaya plasma yang diselenggarakan bersama oleh gravitasi. Bintang terdekat ke Bumi adalah Matahari, yang merupakan sumber dari sebagian besar energi di Bumi. bintang-bintang lainnya terlihat di langit malam, ketika mereka tidak outshone oleh Matahari. Secara historis, bintang paling menonjol di wilayah langit dikelompokkan bersama ke dalam konstelasi dan asterisms, dan bintang-bintang terang mendapatkan nama yang tepat. katalog ekstensif bintang telah dirakit oleh para astronom, yang memberikan sebutan bintang standar.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda